KERAJINAN DAN WIRAUSAHA DENGAN INSPIRASI BUDAYA LOKAL NON BENDA


Hasil gambar untuk kerajinan dan wirausaha dengan inspirasi budaya lokal non benda

A. Karakteristik Wirausaha
       Karakteristik adalah sifat atau tingkah laku dari seseorang. Sehingga dapat diartikan bahwa karakteristik wirausaha adalah sifat atau tingkah laku yang khas dari wirausahawan yang membedakannya dengan orang lain.
Berikut ini adalah beberapa ciri atau karakteristik yang harus dimiliki seorang wirausaha:


  1. Memiliki Rasa Percaya Diri. Memiliki Kepercayaan diri yang kuat, ketidaktergantungan terhadap orang lain.
  2. Berani Menanggung Risiko
  3. Memiliki Jiwa Kepemimpinan
  4. Keorisinalan
  5. Berorientasi ke Masa Depan
  6. Jujur dan Tekun
  7. Memiliki Kreativitas Tinggi
B. Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Lokal Non Benda
1. Definisi Kerajinan
       Kerajinan atau handicraft,  dapat dipahami sebagai produk yang menuntut keterampilan tangan. Pada kerajinan, keterampilan tangan harus disertai dengan ketelitian, kesungguhan, dan kesabaran dalam melakukan tahap-tahap pengerjaan produk agar dapat dihasilkan produk yang baik dan berkualitas. Kerajinan yang berkualitas, mengangkat kekhasan daerah, dan dilakukan oleh masyarakatnya memiliki  nilai jual yang tinggi, dan dapat dimanfaatkan untuk lingkungan dan kesejahteraan bersama.

2. Jenis-jenis Kerajinan dengan Inspirasi Budaya  Lokal Non Benda
Berikut ini jenis-jenis kerajinan dengan inspirasi budaya lokal non benda.
a. Kerajinan Batik
Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan lilin malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan.

b. Kerajinan Ukir
Seni ukir merupakan gambar hiasan dengan bagian-bagian cekung dan bagian-bagian cembung yang menyusun suatu gambar yang indah. Kerajinan ukir diantaranya berupa seni ukir kayu dan seni ukir logam.

c. Kerajinan Anyaman
Kerajinan anyaman adalah kegiatan keterampilan masyarakayt dalam permbuatan barang - barang dngan cara atau tehnik silang - menyilang dan susup- menyusup, antara lungsi dan pakan. Anyaman dibuat dari bahan alami dan bahan sintesis. Yaitu seperti bambu, rotan, daun mendong, plastik, pita, janur, dan kertas.

d. Kerajinan Topeng
Topeng adalah benda yang dipakai di atas wajah Biasanya topeng dipakai untuk mengiringi musik kesenian daerah. Topeng di kesenian daerah umumnya untuk menghormati sesembahan atau memperjelas watak dalam mengiringi kesenian. Bentuk topeng bermacam-macam ada yang menggambarkan watak marah, ada yang menggambarkan lembut, dan adapula yang menggambarkan kebijaksanaan. 

e. Kerajinan Tenun
Tenun merupakan hasil kerajinan tradisional yang dibuat dengan teknik dan alat khusus. Ada dua jenis tenun, yaitu tenun ikat dan tenun songket. Keduanya berbeda dalam teknik dan bahan yang digunakan. Berbeda dengan tenun ikat, tenun songket mendapat tambahan benang emas yang diletakkan dengan teknik tusuk dan cukit.

f. Kerajinan Wayang
Wayang merupakan budaya asli Nusantara, yang ceritanya berasal dari budaya Hindu India. Wayang adalah seni bercerita tradisional asal pulau jawa yang dibawakan pencerita yang disebut dalang. Jenis Wayang terdiri dari atas wayang kulit yang terbuat dari kulit kerbau dan wayang golek yang terbuat dari kayu.






















Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERMAINAN BOLA BESAR DAN BOLA KECIL

MENGANALISIS TEKS ANEKDOT DARI ASPEK MAKNA TERSIRAT