PERMAINAN BOLA BESAR DAN BOLA KECIL

Hasil gambar untuk permainan bola besar dan bola kecil
A. PERMAINAN BOLA BESAR


       Permainan bola besar adalah suatu cabang olahraga yang dilakukan secara berkelompok dengan menggunakan bola berdiameter lebih dari 50 cm, seperti sepak bola, bola basket, bola voli, dan futsal.

1. Variasi Keterampilan Gerak dalam Permainan Sepak Bola
Sepak bola adalah  suatu permainan yang dilakukan dengan cara menyepak bola, yang mempunyai tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawangnya sendiri agar tidak kemasukan bola dari regu lawan dengan aturan-aturan tertentu.Berikut beberapa variasi teknik dalam permainan sepak bola.

a. Variasi mengumpan bola
Mengumpan adalah teknik mengoper atau memindahkan momentum bola dari satu pemain ke pemain lainnya. Secara umum, ada tiga jenis mengumpan, yaitu sebagai berikut.
  1. Mengumpan dengan kaki bagian dalam
  2. Mengumpan dengan kaki bagian luar
  3. Mengumpan dengan punggung kaki
b. Variasi menghentikan/mengontrol bola
Teknik mengontrol bola adalah teknik menghentikan bola agar bola dapat dikuasai dengan sempurna dan untuk menjaga bola secara penuh agar tidak dapat direbut oleh lawan.
  1. Mengontrol bola dengan kaki bagian dalam
  2. Mengontrol bola dengan kaki bagian luar
c. Variasi menggiring bola
Menggiring bola adalah salah satu teknik mengontrol bola yang dilakukan dengan cara bola digiring dari satu tempat ke tempat lain atau digiring mendekati gawang lawan agar bola tidak direbut oleh lawan. Prinsip menggiring bola adalah selalu dekat dengan penggiring bola dan jauh dari lawan. Berikut beberapa teknik menggiring bola.
  1. Menggiring bola dengan kaki bagian dalam
  2. Menggiring bola menggunakan punggung kaki bagian luar
d. Variasi menembak bola ke gawang
Menembak ke gawang adalah salah satu cara untuk mencetak gol ke gawang lawan yang biasanya dilakukan oleh pemain depan atau pemain tengah. Berikut cara menembak bola ke gawang .
  1. Menembak bola dengan kaki bagian dalam
  2. Menembak bola menggunakan punggung kaki
2. Variasi Keterampilan Gerak dalam Permainan Bola Voli
Permainan bola voli adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara mem-voli bola / memantulkan bola sebelum bola menyentuh tanah, yang mempunyai tujuan untuk memasukkan bola ke daerah lawan dan mendapatkan poin / angka   dengan aturan-aturan tertentu.Jumlah pemain dalam satu regu yaitu 6 orang. Berikut variasi gerak dalam permainan bola voli.

a. Passing (umpan)
Passing merupakan teknik dasar yang paling sering digunakan. Passing dilakukan untuk memberikan bola kepada teman satu regu. Passing dibagi menjadi 2 macam, yaitu passing bawah dan passing atas

b. Servis
Servis adalah serangan awal atau permulaan permainan bola voli. Prinsip dari bola voli adalah bola menuju daerah lawan dan menyulitkan lawan sehingga bisa mendapatkan tambahan poin.

c. Smash/spike
Smash merupakan upaya untuk mematikan lawan dan mendapatkan point. Smash adalah pukulan yang dilakukan dengan menggunakan satu tangan di atas net serta dilakukan dengan keras.

Gambar terkaitB. PERMAINAN BOLA KECIL
Permainan bola kecil adalah sebuah permainan yang menggunakan bola berukuran kecil, dalam pelaksanaannya permainan ini menggunakan alat pendukung seperti raket, tongkat, dan bet. Permainan bola kecil ada beberapa macam, antara lain kasti, bulu tangkis, tenis meja,dll. Berikut beberapa macam permainan bola kecil.

1. Permainan softball
Softball adalah permainan bola kecil nomor beregu. Setiap regunya beranggotakan 9 orang pemain Perlengkapan harus ada untuk dapat bermain softball dengan aman dan lancar. Peralatan yang digunakan untuk bermain antara lain :
1. Glove (pelindung tangan)
2. Bola Softball
3. Pemukul
4. Leght guard
5. Body protector
6. Masker
7. Lapangan lengkap


2. Permainan Bulu Tangkis
Permainan Bulu tangkis merupakan suatu permainan yang setiap pemainnya menggunakan sebuah raket. Dalam permainan ini dipergunakan sebuah kok (shuttlecock) sebagai pengganti bola yang dipukul secara bergantian oleh setiap regu yang sedang bertanding. Teknik dasar memukul bola dalam permainan bulu tangkis adalah pukulan servis, pukulan lob, drive, netting, smes, dan dropshort.































Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGANALISIS TEKS ANEKDOT DARI ASPEK MAKNA TERSIRAT

KERAJINAN DAN WIRAUSAHA DENGAN INSPIRASI BUDAYA LOKAL NON BENDA