HAKIKAT ILMU KIMIA

1. Hakikat ilmu kimia Ilmu kimia memiliki beberapa hakikat sebagai berikut.

a. Ilmu yang mempelajari susunan materi

Susunan materi mencakup komponen-komponen pembentuk materi dan perbandingan setiap komponen dalam sebuah materi. Sebagai contoh, anda dapat membedakan antqra alkohol dan air dengan melihat susunan materinya. Alkohol dapat terbakar, sebaliknya air justru dapat memadamkan api.

b. Ilmu yang mempelajari struktur materi

Struitur materi adalah gambaran tentang keadaan atom-atom yang saling terikat. Atom adalah butrian kecil penyusun materi.

c. Ilmu yang mempelajari sifat materi

Setiap materi mempunyai sifat khas yang membedakan dari materi lain. Selain itu, antara berbagai materi juga terdapat kemiripan sifat.

d. Ilmu yang mempelajari perubahan materi

Perubahan materi meliputi perubahan fisika dan perubahan kimia.


2. Peranan ilmu kimia dalam kehidupan

Agar kita mengetahui manfaat ilmu kimia dalam kehidupan, sebaiknya kita mengenal berbagai cabang bidang keilmuwan dalam ilmu kimia. Bidang keilmuwan ini dikenal dengan cabang ilmu kimia.

a. Cabang-cabang ilmu kimia

-Kimia organik, bidang ini memusatkan kjian pada struktur, komposisi, reaksi, dan sintesis senyawa-senyawa organik, seperti alkohol, bensin, dan solar.
-Kimia anorganik, bidang ini memusatkan pada penelitian senyawa-senyawa anorganik seperti garam-garam, mineral-mineral, logam, dan material.
-Biokimia, bidang ini berkaitan dengan ilmu biologi, khsusnya mengenai sifat dan komposisi senyawa serta hasil reaksi perubahannya.
-Kimia analitik, bidang ini berkaitan dengan penentuan kimi kualitatif dan kuantitatif, yang lebih diarahkan pada pengembangan dan aplikasi peralatan analitik yang semakin canggih.
-Kimia lingkungan, bidang ini memusatkan kajian pada masalah-masalah lingkungan seperti pencemaran, penanganan limbah atau sampah, dan penanganan air bersih.
-Kimia inti, bidang ini memusatkan kajian pada penelitian mengenai zat-zat radioaktif, penanganan dan pemanfaatanmya, seperti untuk pengobatan(kedokteran), pertanian, dan hidrologi.
-Kimia farmasi, bidang ini memusatkan kajian pada penelitian mengenai pemisahan, pembuatan, dan pengembangan bahan-bahan alam yang mengandung zat-zat aktif untuk obat.
-Kimia fisik, bidang ini berkaitan dengan ilmu fisika sehingga memusatkan kajian pada penelitian tentang energi yang menyertai reaksi kimia, sifat fisika dan kimia, serta perubahan senyawa kimia.
-Kimia pangan, bidang ini memusatkan kajian pada penelitian untuk mengembangkan kualitas bahan pangan, zat-zat aditif makanan, dan hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan pangan


b. Manfaat ilmu kimia diberbagai bidang kehidupan

-Bidang kedokteran
-Bidang pertanian
-Bidang Geologi
-Bidang biologi
-Bidang hukum
-Bidang mesin
-Bidang teknik sipil


c. Peranan ilmu kimia dalam menyelesaikan masalah global

Masalah global yang utama adalah masalah lingkungan hidup dan krisis energi. Sember energi utama di negara-negara berkembang saat ini umumnya berupa bahan bakar fosil, yaitu minyak bumi, batu bara, dan gas alam. Bahan bakar fosil merupakan sumber daya alam yang tidak terbarukan sehingga sesuatu saat dunia dapat mengalami ksisis energi.


d. Karir dibidang kimia

Bidang pekerjaan sarjana kimia tersebar diberbagai bidang, diantaranya sebagai berikut.
-Bidang pengendali mutu dalam industri kimia.
-Bidang produksi diindustri-industri petrokimia.
-Peneliti dilaboratorium.
-Tenaga pendidik bidang kimia dilingkungan pendidikan.


3. Metode Ilmiah

Metode ilmiah berangkat dari suatu permasalahan yang perlu dicari jawaban atau solusinya. Proses berpikir ilmiah dalam metode ilmiah tidak berangkat dari sebuah asumsi atau kesimpulan. Proses berpikir untuk memecahkan masalah lebih berdasar kepada masalah nyata. Untuk memulai suatu metode ilmiah, pertama-tama harus dirumuskan masalah apa yang sedang dihadapi dan sedang dicari pemecahannya. Rumusan permasalahan ini akan menuntun proses selanjutnya.

Tahapan-tahapan dalam metode ilmiah sebagai berikut:
-Merumuskan masalah
-Menyusun kerangka teori
-Merumuskan hipotesis
-Penelitian(eksperimen)
-Mengolah dan menganalisis data
-Menarik kesimpulan
-Mempublikasikan hasil(menyusun teori)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERMAINAN BOLA BESAR DAN BOLA KECIL

MENGANALISIS TEKS ANEKDOT DARI ASPEK MAKNA TERSIRAT

KERAJINAN DAN WIRAUSAHA DENGAN INSPIRASI BUDAYA LOKAL NON BENDA